Pada mesin bensin, bahan bakar dicampur dengan udara, sesudah itu dikompresi oleh piston, di mana sesudah itu terbakar dengan bantuan percikan api dari busi. Bahan bakar dan udara yang terbakar sesudah itu melewatkan kekuatan yang digunakan untuk mendorong piston. Mesin diesel memanfaatkan sistem yang sedikit tidak serupa untuk menghasilkan kekuatan mekanik. Saat piston naik dalam silinder, udara dalam silinder ikut terkompresi. Seiring tekanan makin lama besar, suhu udara dalam silinder meningkat secara drastis.
Pembakaran terjadi ketika solar disemprotkan lewat nozzle injector ke dalam udara panas bertekanan tinggi di dalam silinder. Solar dapat langsung terbakar oleh udara panas dan gas pembakaran memaksa piston kembali turun dari silinder untuk menggerakkan kendaraan. Mesin diesel tidak butuh busi karena solar bisa terbakar dengan sendirinya pas berada dalam silinder dengan udara panas dan bertekanan tinggi. Tidak diperlukannya busi merupakan perbedaan utama pada mesin diesel dan mesin bensin.
Mesin diesel dan mesin bensin terhitung tidak serupa dalam perihal keawetannya. Namun mesti diperhatikan terhitung bahwa mesin diesel memanfaatkan bahan bakar yang tidak sebersih bensin. Oleh karena itu, perawatan mesti amat diperhatikan bagi pemilik kendaraan bermesin diesel. Namun, kalau dirawat dengan baik, mesin diesel biasanya tahan lebih lama, beberapa karena solar tidak korosif layaknya bensin. Suatu perihal yang lazim bahwa mesin diesel bisa bertahan 322.000 km hingga 800.000 km terhadap kendaraan non-komersial sebelum saat dikerjakan penggantian atau perawatan besar.
Sedangkan kendaraan komersial dengan mesin diesel setidaknya bisa mencapai 800.000 km walau lebih dari itu terhitung bukan merupakan perihal yang aneh. Daya tahan ini mesti jadi segi pas memperhitungkan apakah hendak memilih kendaraan dengan mesin diesel atau bensin.
Cara kerja mesin diesel dan prinsipnya
Pertama terhadap ruang bakar mesin, udara masuk, saluran masuk terbuka kemudian berjalan langkah Kompresi yaitu penekanan udara dan membuahkan peningkatan tekanan dan suhu yang lumayan tinggi. Saat kompresi berada di TMA maka fuel injector akan memasukkan bahan bakar dengan mengabutkannya. Karena suhunya tinggi dan tersedia bahan bakar yang udah masuk adri fuel injector berwujud gas maka campuran selanjutnya terbakar. Pada kelanjutannya tekanan gas hasil pembakaran bahan bakar dan udara akan mendorong torak yang dihubungkan dengan poros engkol mengfungsikan batang torak, supaya torak dapat bergerak bolak-balik (reciprocating). Gerak bolak-balik torak akan diubah jadi gerak rotasi oleh poros engkol (crank shaft). Dan sebaliknya gerak rotasi poros engkol termasuk diubah jadi gerak bolak-balik torak terhadap langkah kompresi. Saat torak bergerak keatas dan menghimpit udara hasil pembakaran terlihat ke udara luar lewat knalpot.Saluran keluarnya terbuka.
Hal yang wajib diketahui bahwa disini udara dan bahan bakar dapat terbakar. Udara dan bahan bakar mengalami kompresi langkah ketiga. Kompresi udara membuat peningkatan tekanan dan suhu, perihal ini dapat dibuktikan saat agan2 memompa ban sepeda, saat digunakan batang pompa nya akan jadi panas, perihal ini sebab udara yang di mampatkan terhadap saat anda memompa ban membuat tekanan udara jadi tinggi dan termasuk suhu nya. Suhu yang tinggi selanjutnya yang membuat terjadinya pembakaran.
Daftar harga mesin diesel baru maupun bekas terbaru
- Mesin jiang Dong 36 PK dengan harga baru Rp.30.900.000
- Mesin Jiang Dong Feng R 175 A dengan harga baru Rp.2.655.000
- Mesin Diesel Dong Feng R 180 dengan harga baru Rp.2.759.000
- Mesin Diesel Dong Feng S 1100 dengan harga baru Rp.4.800.000
- Mesin Diesel Dong Feng S 1115 dengan harga baru Rp.5.655.000
- Mesin Diesel Dong Feng S 1100 dengan harga baru Rp.4.759.000
- Mesin jiang dong 1 PK dengan harga baru Rp.1.150.000
- Mesin Diesel Jiang dong 2 PK dengan harga baru Rp.2.680.000
- Mesin Diesel jiangdong 4 Pk dengan harga baru Rp.4.850.000
- Mesin Diesel Jiang Dong 8 PK dengan harga baru Rp.7.000.000
- Mesin Diesel Jiang Dong 12 PK dengan harga baru Rp.9.550.000
- Mesin Diesel Jiang Dong 25 PK dengan harga baru Rp.15.350.000
- Huachai Engine Diesel Multi Fungsi R175A (7HP) Harga Rp 2.215.000
- Yama Engine Diesel Multi Fungsi D178F(7HP) Harga Rp 3.250.000
- Yama Engine Diesel Multi Fungsi D186F(9HP) Harga Rp 3.750.000
- Huachai Engine Diesel Multi Fungsi S 1100(15HP) Harga Rp 4.320.000
- Huachai Engine Diesel Multi Fungsi S1115(24HP) Harga Rp 4.770.000
- Kubota - RD65H Harga Rp 9.528.000
- Kubota - RD 110 DIH-2 Harga Rp 13.809.000
- HONDA EU30i Silent Series Harga Rp 22.250.000
- Kubota - RD 140 DIH-2 Harga Rp 21.497.000